10 September 2018

hidup sederhana dan simple

suatu hari gw liat postingan temen di instagram, ceritanya dia lagi baca buku yang membahas tentang hidup sederhana dan simple. dia sempet posting foto/gambar yang gw tangkep sebagai gambaran hidup simple yang dimaksud buku tersebut, dan menurut gw gambaran hidupnya kelewat simple, masa di kamar cuma ada kasur lipet dan 1 meja. hahahaha
okeh, intinya bukan itu sih. selanjutnya dia post tentang konmari, mungkin buku yang dia baca itu tentang konmari ini. jadi aja gw ngikutin postingannya temen gw itu, selain kepo, boljug kan kalo kita bisa belajar dan ngikutin yang baik-baik kaya gini. karena sejatinya hidup sederhana dan simple juga salah satu ajaran Islam, ga baik juga menumpuk barang yang udah ga digunakan lagi.

picture source here


gw jelasin sedikit yaa mengenai konmari.
Konmari adalah metode bebenah/beres-beres yang dikenalkan oleh wanita jepang Marie Kondo. konmari sendiri merupakan gabungan nama dia. nah di metode konmari ini dijelaskan cara bebenah yang ampuh, bahkan orang yang pemalas atau lalai bisa mempunyai rumah/ruangan yang rapi.

begini metodenya:
  • kuatkan tekad. ini bener banget kan, kita harus kuatkan tekad, dan jadikan kesempurnaan sebagai target. bebenah itu cuma ada 2 aktivitas, membuang atau tidak barangnya, dan yang tidak dibuang akan disimpan dimana.
  • bereskan dalam sekali waktu, jadi luangkan waktu misal seharian atau beberapa hari.
  • bereskan berdasarkan kategori, bukan lokasi. jadi bereskan dengan kategori baju, buku, make-up, dll. bukan bereskan kamar, dapur, ruang tamu, dll. dan bereskan sekaligus, jangan sedikit-sedikit. jadi memang perlu keterlibatan seluruh anggota keluarga.
  • hanya simpan barang yang memancarkan kebahagiaan. saat menyeleksi barang, tanyakan pada diri sendiri apakah bahagia saat menyentuhnya? 
  • berdamailah dengan kenangan. bila barang tersebut mempunyai kenangan, buat apa menyimpannya jika itu tidak membuat bahagia. kalaupun kenangan indah, yang penting adalah kebahagiaan saat ini. jangan merasa bersalah membuangnya.
  • terkait dengan baju, lipatlah agar bisa "berdiri" daripada lipat mendatar, dan gantung pakaian yang akan "merasa bahagia" jika digantung. dengan lipat "berdiri", kita bisa melihat seluruh baju yang ada di lemari. kita bisa juga mikir-mikir lagi ketika akan membeli baju baru.
  • memulai bebenah/beres-beres berarti memulai lembaran hidup baru. :D
yak itu dia metode konmari, super sekali kan. marie kondo itu konsultan "bebenah" yang cukup terkenal looh. kalo masih penasaran dengan konmari, googling aja.

jadi kapan mulai bebenah? (^-^)

3 comments:

Unknown said...

Yang ada malah ngerasa sayang kalo barang nya dibuang, dan disimpan pun sudah ga ada tempatnya , kalo orang yang kaya gitu harus digimanain ayo :D

Isni Permatasari said...

balik lg ke poin 5 & 6.
kl memang benar2 mau disimpan ya siapkan tempatnya, kan aktivitas bebenah cuma 2 (liat poin 1) hehe

Unknown said...

Jadi kalo sudah tidak punya tempat lagi untuk penyimpanan nya, satusatu nya jalan harus (wajib) merelakan untuk dibuang, sepakat kalo ini hehehe