08 September 2018

Cengeng

belakangan ini gw kepikiran dengan kata cengeng dan jadi pengen ngebahas/nulis post tentang itu. tapi gw cuma ngutip dari beberapa artikel online aja sih.. hehehe
yuuukk baca

cengeng menurut kamus besar bahasa indonesia diartikan sebagai 1 mudah menangis; suka menangis; 2 mudah tersinggung (terharu dan sebagainya); 3 lemah semangat; tidak dapat mandiri.



tidak semua alasan cengeng itu negatif, berikut ini yang sebenarnya dirasain orang yang cengeng/mudah menangis (dikutip dari IDN times):

  1. punya stok empati yang besar: yap, mereka ikut merasakan kesedihan orang lain, dan menempatkan diri mereka pada kondisi orang lain itu
  2. pernah mengalami hal (sedih/susah) serupa dengan orang yang dia temui/lihat
  3. punya hati yang sensitif: gampang banget tersentuh, jadi mudah menangis
  4. ingin menyalurkan emosi yang dipendam selama beberapa waktu
  5. bisa juga menangis karena bahagia
tapi ya menjadi cengeng itu ga selalu memalukan, berikut ini kelebihan orang cengeng (dikutip dari hipwee):
  1. Sifat berempati: kamu bisa merasakan penderitaan orang lain secara mendalam, dan kamu adalah pendengar yang baik untuk orang lain
  2. memiliki emosi yang lebih sehat, karena menahan air mata dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan komplikasi jantung lainnya. Sementara dari segi mental, menahan air mata dapat mengarahkan kepada depresi
  3. memiliki hati yang besar: biasanya orang yang menangis itu terbiasa memendam perasaannya, termasuk memendam segala amarah. daripada membuat orang lain terluka dengan omongan kasar ketika marah, kamu lebih memilih nangis di kamar. hal ini menunjukkan bahwa kamu memiliki hati yang besar dan lapang
  4. kamu tahu tempat untuk meluapkan emosi, tidak ingin yang sudah runyam malah makin menjadi-jadi 
  5. sisi kreatif pun tumbuh. selain kreatif dalam hal menghibur diri, kamu jadi semakin tahu apa yang harus/tidak dilakukan ke depannya dengan sering melakukan introspeksi dan refleksi diri.
  6. pandai mempersiapkan segala sesuatu (well prepared), dari hal kecil mempersiapkan tisu dan make-up karena sering nangis. mungkin jadi bisa mempersiapkan hidupmu kedepannya.
  7. lebih tangguh menanggapi pertanyaan/omongan orang. biasanya bakal ditanya kenapa mata bengkak, dan kamu jadi khatam jawaban apa yang akan diberikan.
  8. mampu mengembangkan diri. dari rasa empati, kamu bisa ikutan acara amal atau jadi volunter. bisa juga mengasah bakat nulis saat hal-hal memenuhi pikiran.

menangis itu sah-sah aja, tapi ingat untuk belajar mengontrolnya. sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik. jadi walau kamu sensitif dan peka, usahakan jangan terlalu sering menangis yaa..
berikut ini beberapa cara untuk mengontrolnya (dikutip dari wikihow):

  1. luangkan waktu untuk menarik napas. daripada fokus pada hal yang mengusik kita, fokuslah pada pernapasan kita sebentar.
  2. bicara pada seseorang yang dipercaya. selain bicara hal yang mengusik kita, langkah ini juga bisa mencari tahu hal yang sebenarnya mengusik kita, atau mencari solusinya.
  3. menjauh dari masalah. jika bisa, pergilah keluar selama beberapa menit untuk menjauh dari masalah. berada di luar dapat membantu menurunkan tekanan dalam diri kita.
  4. istirahatkan mental. alihkan pikiran dengan sesuatu yang membuat bahagia, seperti kenangan indah atau liburan favorit.
  5. kenali emosi apa yang memicu tangis. apakah marah, sedih, atau bahagia. dengan mengenalinya, kita bisa mengarahkan air mata selagi menyadari kapan emosi bermula.
  6. gunakan pikiran positif. katakan hal-hal baik/positif pada diri sendiri

segitu dulu yaa... jangan cengeng baca tulisan ini..
xoxo (^-^)v

No comments: