31 July 2019

Trip Follower ke Penang

sesuai judul, trip kali ini gw cuma jadi follower.
temen gw ngajak ke Penang, dan dia pergi sama 2 temen kantornya. gw ikut karena lagi mumet gitu rasanya, pengen jalan-jalan. :p
cuma satu permintaan gw ke temen gw, masukin itinerary makan sandwich Subway. hohohoho

yummy

Penang merupakan salah satu daerah di Malaysia dengan pusat kotanya bernama georgetown yang terletak di pulau, terpisah dari daratan malaysia. banyak yang bilang kulinernya oke, dan banyak orang indonesia yang berobat/ke rumah sakit di sana. tapi mari kita explore tempat wisata penang.

kami pergi dengan flight langsung ke penang dari Jakarta. ada kejadian lucu saat berangkat. karena udah lama banget gw ga ke bandara, setahunan gitu.. setau gw flight internasional di terminal 2D, jadi gw yang berangkat sendirian dari rumah, minta ke supir bus untuk turunin gw disana. ternyata citilink itu di terminal 3 sodara-sodara, padahal tujuan pertama si bus itu tadi terminal 3. jadi lah gw nyobain skytrain dari T2 ke T3 secara tidak sengaja. ga sempet liat-liat T3 karena mepet waktu check-in, sebelumnya gw terlalu santai di T2 sih. hahaha
trus ya seperti biasa naik bus dulu ke pesawatnya, dan pesawat citilink itu parkirnya jauh aja, ada kali di T2 atau T1. tau gitu ngapain cek-in di T3, ckckckck.
oiya, seperti biasa kita milih pesawat low budget yaa.. citilink ini juga dapet bagasi 20kg, lumayan banget kan...

kita langsung menuju hotel sesampainya di penang, kita booking hotel di daerah komtar di georgetown karena dekat terminal agar akses kemana-mana cukup mudah. karena udah sore jadi kita jalan-jalan ke armenian street aja yang bisa dijangkau dengan jalan kaki dari hotel. armenian street ini merupakan jalanan yang terdapat gambar/mural di dindingnya. sebelum foto-foto, mari cari makan dulu.

kwetiaw

rujak manis

kita jalan lumayan jauh karena nyari 1-2 gambar yang mainstream difoto orang-orang, hahaha.
sampai lah kita di ujung jalan, kemudian melihat area Chew Jetty. tempat itu merupakan kampung nelayan peranakan cina. banyak wisatawan kesini karena rumah dan jalanannya berada di atas air (laut), terbuat dari kayu-kayu dengan cat berwarna cerah. plus-minus kami kesini kemalaman adalah sepi, sebagian besar penjual souvenir sudah tutup, dan melewatkan sunset. sekitar jam 8-9 malem, kita pulang ke hotel.

moto ini masih sore

nyari ini

nyari ini juga, tapi ternyata ada di jalan depan (awal perjalanan)

hari kedua, ceritanya kita mau mantai di kawasan taman nasional karena konon pantainya bersih dan berpasir putih. kita semua tau sih bakal treking menuju pantainya, tapi ga nyangka kalo bener-bener treking macem naik gunung. kita semua mengira trekingnya tuh jalan datar, mungkin dengan alas kayu macam treking di hutan mangrove yang di pantai indah kapuk, ternyata oh ternyata trekingnya jalan tanah, naik-turun bukit, becek, dan orang-orang yang kita temui semua pake baju olahraga gitu, dan pas kita baru treking, ada juga yang dalam perjalanan pulang semacam abis olahraga pagi. sedangkan kita pake celana panjang, kemeja, rok, pake sepatu kets tanpa kaos kaki. hahaha
sebenernya ada rute naik kapal, tapi bayarnya lumayan mahal menurut kantong kita. jadi lah milih treking aja yang gratisan, masuk taman nasional cuma nyatet nama dan paspor di buku tamu. kita dapet foto-copyan peta/jalur trekingnya, dan disitu tertulis perkiraan waktu tempuh ke pantai adalah 1 jam 20 menit.

setelah jembatan waw difoto atas, muncul lah perjalanan suram

akhirnya sampaaaii

eng.. ing.. eng... kita sampai pantai setelah menempuh perjalanan selama 2 jam. wkwkwk
kemudian kita ga menikmati pantai karena sudah terlalu lelah, cuma foto-foto di jembatan saat masuk ke kawasan pantainya. di pantai cuma makan cemilan, trus liat-liat penangkaran penyu. tetiba ada orang yang nawarin mau balik naik kapal/ga, dia juga bilang kalo mau gabung sama pengunjung lain biayanya bisa lebih murah, dan kita langsung setuju. selain capek, hemat waktu juga karena masih ada tujuan wisata lain, saat itu udah siang pula.

iya cuma gini aja pantainya

perjalanan diatas kapal pas uah mau sampe

sesampainya di pintu masuk/keluar taman nasional, kita bertanya ke informasi gimana caranya ke Penang hill (Bukit bendera), menurut mereka mending naik grab karena kalo naik bus harus ke komtar dulu dan ganti bus, intinya ga ada bus yang langsung dari taman nasional ke penang hill. kita memutuskan naik grab untuk menghemat waktu, tapi sebenernya temen gw pengen ke penang hill pas malem biar kaya di puncak gitu liat lampu kota dari ketinggian.
dari pintu masuk, kita akan naik kereta ke atas bukitnya. sebelum naik kereta, kita makan dulu di foodcourt. pengalaman mesen mie bandung di KL beberapa tahun lalu, mie yang keliatan enak tapi gw ga doyan rasanya, makanya disini gw cari aman, gw pesen nasi goreng ayam. temen gw pesen laksa gitu, telihat enak memang tapi rasanya sangat aneh bikin ga napsu makan. hahaha
akhirnya kita berbagi makanan biar semua kenyang.

note dari gw: jangan pesen mie bandung & laksa di malay. heehee

lanjut naik kereta miring ke atas, ajaib yak keretanya miring, tapi tempat kita duduk dan berdiri sih datar. tiket masuk penang hill dan naik kereta ini adalah 30 RM (naik-turun), dan kalo mau antrian naik kereta yang jalur cepet (didahulukan) biayanya lebih mahal (80 RM).

ini kereta miringnya

ini beda jalur biasa dan jalur cepet (foto pas balik dari atas)

sampai atas sekitar jam 3 sore, dan hujan deres donk sodara-sodara. akhirnya kita ke foodcourt dulu, menunggu hujan reda sambil cemal-cemil. tapi tempatnya penuh banget, orang-orang berpikiran sama dengan kita karena hujan. giliran dapet tempat duduk, hujannya udah reda. wkwkwk

cemilan pas nunggu ujan reda

sekitaran penang hill saat ujan reda

menjelang malem, mulai mendung lagi

foto pemandangan malam dulu pas lagi antri kereta

dari penang hill udah malem, masih sekitar jam 7 tapi udah sepiii, udah ga ada bus dan pengunjung lain pun nge-grab. jadilah kita grab juga, dan itu susaaahh dapetnya. *tepok jidad
kita ga langsung balik ke hotel, mampir makan malem dulu di Dans Nasi Kandar rekomendasi hasil browsing. tapi ngantrinya panjang banget cuii, padahal udah laper banget dan belum packing karena malem itu juga mesti naik bus ke KL.

antrian nasi kandar

pesen yang paling terkenal: ayam bumbu. udah gini aja

karena gw ga tau sama sekali mengenai lauk-pauknya dan ga enak kalo nanya kelamaan, jadi gw cuma pesen ayam yang merupakan top lauk disana ditambah kuah macam di rumah makan padang. enak  dan murah, pantes aja antrian panjang ga ada abisnya.

kita ke KL naik bus yang tengah malem dan sampai di KL subuh sekitar jam 6. karena belum waktunya check-in hotel, jadi kita nyimpen barang-barang di loker di KL sentral. yang membuat gw shock adalah harga sewa lokernya mahal banget. dibanding waktu gw ke KL tahun 2014 loker ukuran 2 tas backpack cuma 5 RM, ukuran yang gedean dikit kayanya ga mungkin sampe 50 RM dah. yup meskipun 1 loker muat 4 koper kecil kita, harga 50RM itu buat gw mahal banget.

setelah itu jadwal kita ke batu cave nganter temen kantornya temen gw. tau kan ke cave-nya itu naik ratusan anak tangga? karena udah pernah, gw dan temen gw duduk-duduk aja di bawah. kita kebanyakan foto-foto di bawah, dan cuma sekitar 1 jam disana. mungkin karena belum cukup istirahat ya, jadi ga mood jalan-jalan. abis dari situ kita brunch di Subway, yeay!!
*foto di paling atas tadi yaa, hehe

kemudian kita ke hotel untuk check-in, mandi, istirahat sebentar. sayang sih ya loker untuk 12 jam cuma dipake sekitar 3-4 jam aja, tapi mau gimana lagi.. bener-bener butuh kasur.
setelah istirahat dan mandi, kita belanja-belanji ke daerah bukit bintang, foto-foto di depan twin tower, trus beli oleh-oleh di pasar seni central market.

akhirnya punya foto twin tower dari posisi yang bener

foto ini aja buat kenang-kenangan

yak, hari terakhir cuma diisi istirahat karena kita pilih flight pulang siang biar bisa istirahat di rumah sebelum kerja besoknya.

semoga gw punya cerita jalan-jalan lagi yaa