09 April 2016

Indochina day 2: Ho Chi Minh - cu chi tunnels tour

akhir cerita hari pertama, gw dan didi sampai bandara changi sekitar pukul 11-12 tengah malem dengan MRT terakhir, kita berdua tidur di bagian keberangkatan. kio dan 5 teman lainnya tidur di bagian kedatangan karena mereka memang baru landing di changi sekitar tengah malam, dan bagian kedatangan/kawasan setelah check-in lebih enak buat tidur karena lantainya semua tertutup karpet tebal.
setelah tidur yang ga nyenyak, pukul 5 pagi gw dibangunin didi tapi mata gw berat banget untuk dibuka, terhitung sama malam itu berarti udah 3 malam berturut-turut gw ga cukup tidur, padahal perjalanan baru akan dimulai, hooaaamm. mariii kita pindah tempat tidur. *gw tidur selama di pesawat. Zzzz
pukul 8.40 pagi kami mendarat di ho chi minh, yeah!!
ternyata waktu bagian ho chi minh sama dengan jakarta.

muka bantal ga? hihi

keluar dari bandara kami nyari bus warna hijau nomer 152, tujuannya adalah terminal dekat ben thanh market, atau bilang aja ben thanh market. keluar bandara ke arah kanan, atau tanya petugas dimanakah busnya mangkal? tujuan akhir bus ini adalah terminal dekat ben thanh market, jadi insyaallah ga nyasar. ongkosnya 10ribu vnd (vietnam dong)/orang+tas gede, jadi maksudnya tas gede juga diitung biaya naik bus.
kawasan sekitar ben thanh market kurang lebih merupakan pusat kota, dekat ke tempat-tempat wisata kota (museum & bangunan ala eropa klasik), dan dekat dengan jalan pham ngu lao yang merupakan kawasan turis dan/atau para backpacker (banyak tour/bus agent & hotel/hostel).
turun bus di terminal, kami nanya orang dimanakah jalan pham ngu lao berada? *sodorin bookingan hostel ke orang lokal.
ternyata kalo jalan kaki lumayan jauh ya bo', hostel kami di ujung jalan pula. huh hah huh hah *ngantuk, bawa tas gede, laper

karena masih sekitar jam 10 dan belum bisa check-in hostel, kita bisa nitip tas di rak di dapur hostel, Alhamdulillah amaann. bongkar tas dikit untuk ambil alat cuci muka dan/atau baju ganti, toilet tersedia di dapur tersebut. kemudian sekitar pukul 11.00 kita cus cari makan.

cheers!!!
(photo from gama)

Pho Chin (nam) & Cafe sua da
(beef rice noodle soup with brisket & ice white (milk) coffee)

selagi makan, rombongan gama bilang besok mereka udah mau pergi ke siemreap (cambodia), karena jadwal mereka lumayan ketat dan harus liat sunrise di wat angkor lusa, sedangkan dari hochiminh ke siemreap hanya ada bus pagi & malam, ga mungkin ambil bus malam yang berangkat hari itu juga kan? dan karena hanya punya waktu siang itu aja di hochiminh, makanya mereka memutuskan ke cu chi tunnels setelah makan, memang cu chi tunnels ini yang menjadi tujuan utama kita di ho chi minh. dan karena gw, didi, kio, choky belum memutuskan kapan mau ke siem reap (kayanya belum puas di hochiminh kalo ikut mereka pergi besok pagi), ikutan ke cu chi tunnels dulu aja lah.
dikarenakan cu chi tunnels itu lumayan jauh dari kota ho chi minh, makanya kita pake tour agent: disiapin bus, guide, tinggal ikuutt. tour berangkat sekitar pukul setengah 2 siang.
and by the way, gw bilang rombongan gama karena saat di thailand nanti gw, didi, kio & choky akan berbeda tujuan dengan gama, shanty, vita. lalu fibri kemana? dia mau trip santai, maksudnya abis makan siang itu pun dia mau istirahat di hostel.

go! go! go!

ehem... bukan, bukan maksud gw untuk foto cowo itu, gw bermaksud foto bus kuning dibelakangnya (kalem). bus tersebut adalah bus tour cu chi tunnels kami yang mogok dan udah berenti untuk ketiga/empat kalinya, cowo itu satu group tour dengan kami dan kami sedang disuruh nunggu di pinggir jalan selagi bus dibenerin.
btw, ini bukan efek miror foto dari kamera depan hape, tapi emang di ho chi minh itu kemudi mobil/busnya di sebelah kiri, dan pinggir jalannya itu di sebelah kanan. disana juga ada jalur cepat-lambat makanya mesti nyebrang jalur lambat (jalur motor) dulu.
fyi, pengendara motor disini lebih ganas dari jakarta loohh, dikit-dikit klakson. jadi saat kita mau nyebrang udah diklaksonin duluan, kaya ga ngasih jalan. be careful everywhere!
eniwei.. akhirnya kita ganti pake van, jadi lebih kecil dan ada beberapa kursi yang bikin ga nyaman, tapi ga ada yang protes secara berlebihan sih. yuk lanjut...

cu chi tickets 110ribu vnd

jadi, cu chi tunnels merupakan terowongan yang digunakan oleh viet cong untuk bersembunyi saat perang melawan amerika, terowongan ini juga digunakan untuk komunikasi dan rute pasokan rumah sakit, makanan, senjata. viet cong akan tinggal di dalam terowongan pada siang hari untuk bekerja atau istirahat, dan keluar pada malam hari untuk mencari persediaan, merawat tanaman mereka, atau bertempur. saat periode pengeboman atau gerakan pasukan amerika, mereka tinggal dalam terowongan selama berhari-hari.

ini terowongan yang katanya udah dilebarin-ditinggiin untuk turis
source here

salah satu lubang masuk terowongan, kecil & "pintunya" dibuat kamuflase

mainstream pict

ini lubang yang udah ada tangganya

jebakan-jebakan yang disiapkan untuk pasukan amerika

ruang pertemuan, ruang senjata, dapur umum, dll bentuknya kaya gini

dikasih snack singkong dicocol remahan kacang
kayanya peserta tour pada kelaperan (sekitar pukul 5 sore)

matnoor dari malaysia yang solo backpacker gabung sama kami selama tour

the van with driver

selesai tour, sekitar pukul setengah 8 malam kita sampai di kota (perjalanan cuchi-hochiminh 1,5-2 jam) dan kami minta diturunin di kawasan ben thanh market, biar sekalian jalan sampe malem kemudian istirahat. gw, didi, kio, choky dan matnoor cari makan, sedangkan gama, shanty, vita cari oleh-oleh. disitu gw, didi, kio, choky sepakat untuk naik bus malam besok atau bus pagi lusa, karena besok pagi kami mau city tour dulu di ho chi minh.

makan di restoran yang terjamin halal

setelah makan, barulah kita ke ben thanh night market, tawar sana-sini, beli ini-itu. kemudian sepanjang jalan balik ke hostel, kami mampir-mampir ke tour/bus agent nyari bus ke siem reap. pada akhirnya kami memutuskan untuk liat bus yang akan digunakan gama dkk besok pagi, kalo oke maka akan menggunakan bus yang sama, agent-nya dari hostel tempat kami nginep. hohoho

sedikit info mengenai bus dari ho chi minh ke siem reap: kebanyakan jadwal bus berangkat pukul 8 pagi dan sampai pukul 7-8 malam. kalo bus malam, jadwal berangkatnya tengah malam sekitar pukul 11-12, bus sampai di perbatasan vietnam-cambodia sekitar pukul 3-4 dini hari dan stay di perbatasan menunggu kantor imigrasi buka pukul 7 pagi, bus akan sampai di siem reap sekitar pukul 5 sore. jadi hampir sama aja kalo berangkat dengan bus pagi, kecuali mau irit biaya penginapan. sebenernya gw pernah baca blog orang kalo ada bus siang/sore, tapi ga tau nama busnya apa dan katanya akan sampai di siem reap sekitar pukul 2-3 dini hari. gw pengen naik bus ini karena menurut gw waktunya pas: berangkat setelah city tour di ho chi minh setengah harian, dan saat sampai siem reap bisa langsung ke angkor wat liat sunrise (hhmm nunggu 2-3 jam dulu sih). gw masih berani kalo turun bus saat dini hari selama ga sendiri, tapi yang lain ga ada yang mau. hihihi

anyway, for now, let's sleep!