28 March 2016

Indochina hari 1: Awal perjalanan

Pengumuman didi yang mau backpacker 3 negara indochina bikin gw mupeng, dan tindakan gw selanjutnya salah banget saat mencari tahu ada apa aja di negara-negara tersebut, gimana cara pindah negara via darat, perkiraan biaya, dll, karena jelas bikin gw tambah mupeng, malah berangan-angan pergi sebulanan ngelilingin vietnam-kamboja-thailand-laos-myanmar, termasuk malaysia & singapore, resign dulu lah. T_T
sempet dilema mau ngikut kio yang tinggal enak menikmati pemandangan hanoi-halong bay, atau backpacker hochiminh-siemreap-bangkok sama didi. tapi masalahnya waktu itu kio mau pergi sebelum akhir tahun 2015 dan gw ga ada tabungan, jadilah ngikut didi ajah yang masih bisa nabung dulu beberapa bulan. tapi ternyata kio ga jadi pergi (mungkin karena kita ga ada yang mau ikut juga sih, hehehe). dan kemudian atas bujuk rayu kita, kio mau ikut juga backpackeran. heuheuheu

jadi siapa aja yang pergi? awalnya didi nemu trip orang (cewe bernama gama) di forum backpacker indonesia, si gama ini memang sedang mencari teman backpackeran. kemudian gw dan kio ikut didi, lanjut temen kio juga ikutan (namanya choky), dan gama nemu 3 orang lagi (namanya shanty, vita, fibri), jadilah 8 orang berangkat. kita ga punya itinerary tetap, tapi ada siih minimal 1 tempat tujuan wisata di tiap negara, dan ga harus 8 orang pergi bareng-bareng, jadi kalo mau pisah jalan sendiri juga silahkan aja.

perjalanan kita akan dimulai dari ho chi minh (saigon)-vietnam, tiket pesawat yang ramah dengan kantong kami pake transit di KL atau singapore dulu. rute yang dipilih adalah jakarta-singapore tanggal 16 februari, kemudian tanggal 17 pagi cus dari singapore ke ho chi minh. teman-teman pilih flight malem tanggal 16 dari jakarta supaya bisa kerja dulu, lumayan bisa lebih irit cuti. sedangkan gw pilih flight pagi dari jakarta ke singapore, lebih murah dan samain flightnya didi juga. kita berdelapan flight bareng dari singapore ke ho chi minh. waktu transit gw & didi panjang yeee.

kemudian, tidak disangka si didi ke singapore duluan karena ada acara keluarga kakaknya, dan pada akhirnya dia ga mau jemput gw di bandara. well, didi jemput gw di stasiun MRT deket rumah mba mefda sih. yak pertama kali naik pesawat sendirian, tanpa sinyal inet di negeri orang (hape umur hampir 3 tahun lemotnya amit-amit buat koneksi wifi pun), tapi Alhamdulillah aman dan selamat sampai bertemu didi.

karena waktu transit di singapore sangat lama (18-19 jam), mampir dulu lah saya ke rumah mba mefda, ketemu anak-anaknya mba mefda yang udah gedean. kayaknya si kayla (anak pertama) lupa sama gw, dulu ketemu belum bisa ngomong tapi sekarang dia ceriwis, kalah gw sama bicara inggrisnya kayla. sedangkan kaira (anak kedua) dulu masih bayik baru lahir, jadi yaaa wajar kalo ga kenal gw. hohoho
gw nitip tas backpack 8 kiloan sebentar di rumah mba mefda (ternyata ada udang dibalik bakwan gw mampir ke rumah mba mefda, hahahaha), jalan-jalan dulu ke gardens by the bay dan ocbc skyway sama didi karena udah terlanjur ada di singapore. hahahaha (^^)v

temanya imlek, kirain valentine :p

tapi kita ga lupa valentine, spread the love ;*

 indoor waterfall, yeay!!

 ini yang ada di paling atas air terjun


niat liat sunset dari ocbc skyway gagal, apalah daya antriannya panjang bener. terus garden rhapsody mulai pas kita lagi antri ocbc skyway, doh!
garden rhapsody merupakan pertunjukan cahaya dan suara (musik) dari pohon-pohon tinggi di belakang gw (gambar diatas). klik link ini kalo penasaran dengan garden rhapsody, link tersebut bukan punya gw tapi itu pertunjukan yang gw lihat & denger saat disana, i think the music can be different after some time. enjoy!
by the way liat garden rhapsody gratis looohh, jadi sebenernya gardens by the bay itu gratis kalo ga masuk ke kubah kaca dan naik skyway. luar biasah yah
 
anginnya ga main-main di skyway ini but it was fun

 
selesai naik ocbc skyway yang cuma dikasih waktu 15 menit, pengennya liat garden rhapsody lagi, tapi waktu tidak memungkinkan karena harus balik ke rumah mba mefda dan siap-siap pergi, ngejar MRT terakhir ke bandara changi untuk bermalam disana.
dalam perjalanan ini, hal yang bikin gw kurang respect adalah gw menyadari kalo konsumsi listrik negara ini sangatlah besar. berbeda dengan perkiraan awal gw, kubah kacanya itu dingin looohh.

liat kubah kaca di kanan atas foto ini? dan ada 1 kubah lagi

 see you when i see you khayla-kaira-tante endang
thank you so much mba mefda & dee

sampe changi pukul 11-12 malem, let's sleep
(sorry dee)

No comments: