28 August 2014

Bermain di USS

akhirnya setelah tertunda lebih dari dua bulan (baca: males-malesan nulis), akhirnya terbit juga post ini.
sebelumnya gw dan icha backpackeran selama 2 hari (jakarta-spore-kl dan batucave-twintower), & finally kami bisa istirahat di kamar hotel. hip hip huray!!
masuk hitungan hari ketiga, kami check-in hotel pukul 1 dini hari. female dormitory yang kami booking ada di lantai 4, ga ada eskalator atau elevator, hayuk deh naik tangga. sampai depan pintu kamar, gw kebingungan cara buka pintunya, apa kelupaan kuncinya di lobby resepsionis yah? icha pun turun lagi ke resepsionis. eeh pas liat-liat tangan gw pegang apa aja, ketemu kuncinya (semacam kartu, tap ke alat di kusen pintu). pengen teriak manggil icha takut mengganggu orang lain, maap yaa cha jadi olahraga dini hari.

fyi: waktu check-in wajib deposit S$20, akan dikembalikan saat check-out. tempat tidurnya bertingkat 2 layaknya asrama, nginep disini mengingatkan gw dengan asrama waktu tahun pertama kuliah (ciiieeehh). bedanya disini, di sekeliling tempat tidur yang bawah ditutup kain, jadi ada sedikit privasi dari orang yang lalu-lalang. seprai-selimut-bantalnya tersimpan di dalam loker, dengan nomer loker yang sama dengan nomor tempat tidur, jadi merapihkan tempat tidur sendiri. tersedia ember-gantungan-sabun cuci kalo mau cuci baju dan tempat jemurnya di rooftop, di atas kamar female dormitory ini. terdapat 3 westafel dengan cermin, 2 bilik untuk shower, dan 2 bilik untuk toilet duduk, semuanya bersih. di dalam dormitory ini terdapat satu kamar private, tapi beruntung saat itu ga ada penghuninya, kalo berisi satu keluarga dan ada seorang bapak/cowo, kan males banget jadinya (maklum kami berhijab, hehehe).
oh iya, pe-er banget harus punya/bawa colokan kaki tiga kalo ke luar negeri, selama 4 hari kami ngirit batre hp & kamera karena ga nemu colokan kaki dua, powerbank yang dibawa cuma bisa nge-charge hp 1,5 kali.

ternyata ada lagi yang dateng lebih pagi dari kami, orang sebelah kasur (awalnya sih kasur gw di atas dia, terus gw pindah kasur ke sebelah, jadi di atas kasur icha, karena jemuran dia numpuk di kasur gw yang sebelumnya itu), kaget gitu ngeliat icha yang lagi solat. hihihi
fyi lagi nih: ga ada tempat khusus solat, jadi solat di kamar, tau arah solatnya dari aplikasi kompas di hape. walo ganti hape nih aplikasi harus ada. tsaaahh

rencana perjalanan hari ketiga adalah setengah hari di USS, kemudian keliling spore dan beli oleh-oleh, harus puas seharian di spore karena hari keempat balik ke jakarta dengan flight pukul 8 pagi. dari awal udah was-was karena early check-in bandara jam 6, sedangkan MRT baru mulai beroperasi jam 6, pait-paitnya naik taksi dengan perkiraan biaya S$23. tapi  mari kita pikirkan nanti saja.

kami tidur sekitar pukul 2, dan pukul setengah 8 pagi kami udah rapi kembali. turun ke bawah dengan niat sarapan, tapi di dapur/ruang makan ga ada makanan apapun, hanya nemu teko air, jadi cuma isi botol minum untuk perjalanan hari itu. kemudian duduk-duduk sebentar menikmati wifi (di lantai 4 sinyal wifi agak tersendat). pukul 8 kami pun pergi, pas banget saat petugas hotel dateng.

penampakan hotel dari seberang jalan

dari hotel kami menuju ke vivo city, kalo naik MRT turun di stasiun HarbourFront. sempet sarapan dulu di foodcourt vivo city ini sebelum ke sentosa island, nemu plang masakan padang dan kami memesan nasi lemak seharga S$8 dengan menu nasi putih-telur ceplok-ayam-ikan teri kacang-sambal-timun. nasi lemak ini merupakan makanan paling enak (sesuai dengan selera kami) dibandingkan 2 hari kemarin. memang lidah kami endonesah sangat yah.

nasi lemak

selanjutnya ke sentosa island menggunakan monorail yang ada di lantai 3 vivo city, mengetahui dimana monorailnya dengan mengikuti orang yang berduyun-duyun kesana. hahahaha (*serius rame banget)

pintu masuk monorail

tiket monorail ke sentosa harganya S$4 PP, jadi pas balik ga pake bayar lagi (emang ga ada tap kartunya juga sih di stasiun sana). untuk ke USS turunnya di stasiun waterfront, cuma 1 stasiun.

on the way

berkali-kali mencoba demi mendapatkan foto berdua bola dunia,
tentu saja gagal karena banyak sekali pengunjung

technically memang setengah hari di USS, dari jam 10 sampai jam 3-4 sore. tapi itu terbilang molor dari jadwal, padahal teuteup rasanya belum puas.

bermain

makan siang murah udah plus yogurt, jadi gratis karena pas senilai voucher makan USS

dari USS lanjut ke chinatown cari oleh-oleh, naik MRT turun di stasiun chinatown. keluar stasiun udah langsung ketemu toko-toko berjajar, menjual souvenir sampai ke pinggir jalan. kami belanja-belanji di chinatown sampai sekitar pukul 6, kemudian lanjut ke merlion park.

keasikan foto di merlion kecil, udah gelep pas ke merlion besar

ga berlama-lama di merlion park, langsung balik ke hotel. setelah mandi dan istirahat sebentar, sekitar pukul 10 malam kami pergi ke mustafa center yang gosipnya menjual semua barang (makanan-minuman, baju, parfum, alat listrik & elektronik, bahkan perhiasan) dan buka 24 jam, kami kesini membeli oleh-oleh tambahan. hehehehe
saat keluar hotel kami mampir ke meja resepsionis untuk lapor mau check-out jam 5 besok, karena sebelumnya sempet liat pengumuman kalo mau check-out pagi-pagi sekali, bilang ke petugas dari malam harinya, untuk minta pengembalian uang deposit juga. kami sekalian nanya kalo flight jam 8 tuh sempet ga sih ke bandara naik MRT? eh si petugas kaget, ngapain pergi jam 5 pagi kalo MRT aja baru mulai beroperasi jam 6, hahahaha. kemudian dia nyaranin pergi jam 5.45 aja kalo mau naik kereta pertama, masih sempet ko untuk ngejar flight jam 8. itu sungguh kabar baik, lega banget masih bisa ngejar flight pake MRT, nah kalo naik taksi biayanya bisa berpuluh kali lipat dari naik MRT.

tapi...ternyata eh ternyata, kami baru bangun jam setengah 6, mhuahahahaha. langsung deh bergegas ke kamar mandi, cuci muka- sikat gigi- wudhu- solat- ganti baju. yupz, ga pake mandi! tapi sempet-sempetnya gw bengong liat temen kamar berkulit hitam entah dari negara mana yang berkeliaran di kamar mandi sampe ke kamar dengan topless (cuma tertutup pinggang ke bawah), baru pulang dari dunia malamnya.
eniweii untung udah packing dari semalem, jam 6 lewat kami menyusuri jalan menuju stasiun MRT lavender, yang terdekat dari hotel. dan hanya 15-20 menit untuk sampai bandara, pukul 7 kami sudah selesai check-in dan langsung menuju gate.

goodbye spore... see you soon...

*peralatan perang selama di spore (baca: peta)

baca peta dan doa sebelum pergi :)