02 August 2013

Exercise after a long time

yeah... sesuai dengan judul, gw mulai lari setelah sekian lama ga olahraga. sebelum masuk bulan ramadhan gw lari di sekitar rumah, hasilnya gw puke, sempoyongan, dan keringet dingin. entah kenapa sekarang gw lemah banget. karena itulah gw jadi males untuk lari lagi. *alibi
tetapi demi memperkuat fisikal tubuh, akhirnya gw menerima ajakan temen untuk lari di depok (biar ada temen lari). yang gw ketahui berikutnya adalah gw lari 5 km, tanpa pemanasan yang cukup, dan tanpa pendinginan sama sekali.

i was running until my last breath


alhamdulillah gw ga kenapa-kenapa, ga puke padahal saat itu gw puasa (justru karena puasa makanya ga ada yang dikeluarin yah, hehe). setelah lari kita makan karena udah magrib, lalu jalan-jalan sebentar trus pulang. sesampainya di rumah, gw istirahat beberapa menit, lalu mandi keramas pakai air hangat. mantab deh rasanya.
yang jadi masalah adalah keesokan harinya, badan gw babak belur pegel-pegel, kaki sakit semua seperti habis naik gunung. mantab banget rasanya.
sickness

alhasil sakitnya menjalar jadi demam dan flu. *snif... snif...

note dari gw yang mungkin sudah kalian ketahui: 
  • pemanasan yang cukup sebelum lari atau olahraga lainnya, agar otot lentur saat olahraga.
  • pendinginan juga diperlukan setelah olahraga agar otot-otot kembali seperti semula. menghentikan latihan/olahraga secara tiba-tiba (tanpa pendinginan) akan menyebabkan mual, pusing, bahkan pingsan. tanpa pendinginan inilah makanya gw puke setelah lari di sekitar rumah, karena gw langsung duduk kecapean, harusnya paling tidak jalan mondar-mandir dulu sebentar.
  • bila ingin mandi, lebih baik rentang waktunya >2 jam setelah olahraga. mungkin ini tergantung kondisi tubuh masing-masing orang, tapi gw kapok mandi malem setelah olahraga. :p
Olahraga memang penting untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, tetapi perhatikan juga tata cara olahraga yang benar. salam olahraga!!

No comments: