30 August 2015

1D1N Semarang

pada bulan mei 2015 lalu gw dipaksa ikut ke semarang sama mba indri, senior gw waktu kuliah dan sekarang dia menetap di cirebon. awalnya gw ga mau ikut, udah alesan macem-macem sampai yang krusial yaitu alasan keuangan, tapi ditangkis dengan bilang tinggal ngikut semua beres. akhirnya gw ikut juga, bukan karena "tinggal ikut semua beres" loh yaa, tapi karena mba indri keliatan desperate pengen banget gw temenin jalan-jalan. baaahh, emang gw aja yang doyan jalan. mihihihi *langsung beli tiket
jalan-jalan di semarang ini sangat kilat, cuma sehari semalem!! kami berangkat dari cirebon jumat malam sekitar pukul 11, langsung menuju umbul sidomukti di semarang atas (sampai sekitar pukul 6-7 pagi). Umbul Sidomukti merupakan suatu kawasan wisata alam pegunungan yang berada di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan, Semarang. kami mandi pagi dengan nyebur ke kolam renang yang ada disana. selain kolam renang dengan pemandangan yang oke, ada juga flying fox, naik kuda keliling tempat wisata, marine bridge dan ATV. silahkan klik umbul sidomukti untuk keterangan lebih lanjut.

lintasan flying fox & marine bridge

pardon us

kemudian kami ke candi gedong songo, karena lumayan dekat dari umbul sidomukti. disarankan kuat fisik dan mental (lebay deh) karena jarak satu candi dengan lainnya cukup jauh dan berada pada ketinggian yang berbeda. eemmm bisa juga sih naik kuda keliling kawasan candi ini.
ngomong-ngomong, namanya memang candi gedong songo (songo = sembilan), tetapi hanya ada 5 lokasi candi saat kami kesana. karena kami tidak menggunakan jasa guide atau orang lokal yang bisa menjelaskan, baca sejarah/keterangannya disini atau disini aja yaaa. hehehehe

berhasil sampai candi ke-5, yay!!

selanjutnya kami menuju ambarawa, ini juga lumayan dekat dari candi gedong songo. tapi sayang sekali kami kehabisan tiket hari itu untuk mencicipi naik kereta jaman dulu.

bayangkan memakai pakaian barat jaman dulu naik kereta ini

puas foto-foto di museum kereta ambarawa, kami menuju semarang kota. di tengah perjalanan, kami mampir ke pagoda avalokitesvara buddhagaya watugong.

di semarang bawah (kota), kami mampir ke rumah dina, temen gw sewaktu kuliah (ingat cerita ini?). kami akan menginap di kos-kosan dekat rumah dina karena ga enak mengganggu keluarga kecilnya. *halah
malam hari kami habiskan dengan wisata kuliner di kawasan pecinan (waroeng/pasar semawis), tempat ini seperti festival makanan. tapi harap hati-hati buat yang muslim karena ada makanan berbahan daging babi.

esok paginya kami ke kota lama semarang dekat stasiun tawang, pamit dengan dina karena akan langsung kembali ke cirebon.

sebelum perjalanan jauh, sarapan dulu di soto kudus mba Lin. PR juga nih nyari tempatnya, di saat hari minggu dan sedang ada pasar pagi/ pasar kaget. maaf lupa tepatnya berada dimana, kalo bener sih yang di Jalan Ki Mangunsarkoro 15 Semarang, karena memang luas ruangan dan parkirannya. soto dengan nasi ini disajikan dalam mangkuk kecil, porsi yang cocok untuk sarapan buat gw.

source here

oke, saatnya mengejar kereta cirebon-jakarta pukul 4 sore. thank you mba indri sudah mengajak saya jalan-jalan.

1 comment:

Anonymous said...

Hai..cerita nya kurang detail is is...^.^..tapi oke..