13 March 2014

Asam urat plus straight cervical

Post ini bukan bermaksud membahas dengan bahasa kedokteran, coz siapa gw?? tau bahasa straight cervical juga karena sedang mengalaminya aja. hehehehe
untuk berbagi pengalaman, hal ini berawal dari sakit di sekitar leher-pundak saat gw menoleh ke kanan-belakang. kalo menoleh ke kanan sewajarnya sih ga apa-apa, tapi kalo ke kanan agak belakang tuh sakit seperti salah posisi tidur. dan sudah seperti itu sekitar 1 bulan sebelum gw pergi ke dokter, karena gw pikir itu pegel-pegel biasa, masuk angin atau semacamnya. sebelum ke dokter, gw udah manggil tukang pijat/urut 2 kali tapi masih tetap sakit. omong-omong, kalo menoleh ke kiri alhamdulillah baik-baik saja.

sempat berpikir mungkin gw kena kolesterol tinggi, karena 2 orang yang gw kenal kolesterol tinggi mengeluh sakit/pegel di sekitar leher. tapi untuk lebih jelas kenapa, makanya gw pergi ke dokter. lalu gw disuruh dokternya tes macem-macem di laboratorium (darah, fungsi ginjal, rontgen) untuk lebih pasti, walopun si dokter curiga-curiga ada sesuatu. eh tapi justru kolesterolnya ga disuru cek.
well, dari semua tes tersebut, yang jadi perhatian adalah asam urat gw tinggi (normalnya 2.6 - 6; gw = 7). *ooops
dan satu lagi, dari hasil rontgen diketahui tulang leher gw kesannya lurus (normalnya agak melengkung ke depan), kalo kata dokter sih itu bisa terjadi karena otot yang kaku. pegal yang gw rasakan pengaruh dari otot yang kaku dan dari asam urat tadi. kemudian dokter memberikan obat asam urat, dan menyarankan fisioterapi untuk melemaskan otot.
gw iseng-iseng search/nanya embah tentang asam urat dan straight cervical. nemu di wikipedia, asam urat itu karena zat purin yang menumpuk dalam tubuh kita. purin itu sendiri merupakan zat yang terdapat dalam tubuh makhluk hidup, berbagai buah-buahan dan sayuran pun terdapat purin. dari kata-kata ini tuh rasanya ga bisa makan apa-apa, karena semua yang dimakan kan berasal dari makhluk hidup. sampai makanan/minuman turunan seperti susu kedelai, tahu, tempe yang berasal dari kacang kedelai, pantang untuk dikonsumsi. uummm mungkin boleh mengonsumsi asal jangan berlebihan. kalo kata si dokter hindari makan daging dan kacang, dan menu yang disarankannya begini: pagi makan telur rebus 2 (dan lebih baik tanpa kuning telur), bolehlah makan daging siang hari (dengan BB kamu, 50 gram cukup), terus malamnya tempe-tahu deh, saya ga ngitung sayur yaa, kalo sayur apa aja boleh.
tapi yang gw denger dari orang sekitar jangan makan kangkung, bener ga sik?
sedangkan straight cervical, gw pengen tau gambar cervical normalnya kaya gimana. tapi buka image di embah tuh jadi ngilu-ngilu sendiri liat tulang (yang ga normal), intinya emang agak ga normal nih leher gw. dan informasi lainnya bikin gw ngeri dan ga ngerti, maklum bahasanya rumit. jadi percaya aja lah sama informasi dokter, dan semoga gw ga mengidap penyakit lain. aamiin

hal yang gw pelajari adalah jangan malas olahraga (biar otot ga kaku), jangan makan berlebihan (apalagi daging), dan lancarkanlah buang air (untuk membuang purin dan zat lain yang tidak dibutuhkan oleh tubuh). mari menjaga kesehatan! kalo bukan kita sendiri yang menjaga, siapa lagi? :)

4 comments:

sopia said...

Mba. Saya baru baca tulisan diatas. Sy baru ambil ronsen ,sy baca diagnosa straight cervical. Sy merasa takut krn gak ngerti krn baru besok konsul ke dokter. Sy mau tanya kondisi mba skrng gimana. Dan mengenai penyakit itu apakah bisa hilang. Terima kasih sebelumnya.

Isni Permatasari said...

Hai sopia.. Maaf br bales, dokter menyarankan utk fisioterapi. Skrg sih saya udh ga apa2 & semoga kedepannya jg ga kenapa2.

Rinny Sunaryo said...

Sebulan yg lalu aku alami sakit pegal luar biasa seperti bengkak habis terbentur rasa sakitnya. Sakit pegal seperti rematik, sakit di dada belakang bagian kanan. Jika aku memanjangkan leher ke depan, yg sakit dada belakang, terasa sekali ada urat yg kencang. Lalu tangan kanan sering kesemutan, sering terjadi kontraksi, ada gerakan seperti gelombang halus putar' sekitar tangan kanan dan aku bisa rasakan ngilu yg luar biasa, setelah beberapa menit konstraksi berlalu namun telapak tangan kesemutan terus. Setelah ke dokter tulang, di rontgent bagian leher hasilnya: Straight Vert Cervicalis.
Aku akan kembali ke dokter lagi dengan bawa hasil rongent ini.

Unknown said...

Hai mba, saya juga di diagnosa straight servical, gimana keadaan mba sekarang ?