05 February 2013

First flight. Trip irit ke Singapore

first flight experience gw adalah saat ke singapore 11 bulan yang lalu (masih inget donk pengalaman pertama, hehe). ini bener-bener baru pertama kali gw naek pesawat, alhamdulillah selamat sampai tujuan & ga bikin trauma apapun. :)
saat itu serba kebetulan: kebetulan baru bikin paspor, kebetulan dapet bonus tahunan dari kantor, kebetulan temen ngajak ke rumah kakaknya di sipore, kebetulan juga bisa cuti, hehehe alhamdulillah... walopun bikin alasan cuti acara lain ke bos (bisa repot kalo gw bilang ke sipore nanti ada yang minta oleh-oleh patung merlion).

jadilah gw berangkat bersama BFF, kio & dee. karena baru pertama kali naek pesawat & ke LN, gw taat peraturan banget (supaya ga pake bagasi), koper yang gw bawa ukurannya kecil (sekitar 30cm x 50cm), + bawa tas tangan sih. padahal bisa bawa koper yang agak gedean dikit asal muat di kabin ----> berakibat pulang ga bisa bawa banyak oleh-oleh, karena gw ga mau bayar bagasi juga pas pulang. hehehehe
so, kita berangkat pagi, gw pribadi berangkat setelah subuh dari rumah. walaupun pesawat berangkat sekitar jam 9, antrian imigrasinya panjang banget. sampai rumah kakaknya dee, mba mefda, di woodlands udah siang. kita istirahat sebentar sebelum meng-explore sipore: bertemu dan bercakap-cakap dengan keluarga mba mefda, solat, melepas lelah, & makan siang.

foto: baru sampai changi airport, di pesawat, & di monorel antar terminal changi airport

hari pertama diajak dee ke tempat icon-nya sipore, dee sengaja ngajak kesana menjelang malam karena malam hari disana amazing. cahaya lampu-lampu membuat pemandangan jadi lebih oke dibanding siang hari. check beautiful photo below

patung yang menjadi icon Singapore, dan pemandangan (menjelang) malam di sekitarnya
at Merlion Park

Perjalanan ini bagi gw agak dadakan, dari si dee bilang mau ke sipore & kita berusaha nyari-nyari tiket promo di tanggal-tanggal merah, tiba-tiba dee nanya kalo berangkat awal maret gimana (waktu itu gw mikirnya tanggal 10an, jadi oke aja). tapi berikutnya dia ngasih tau "gw udah beli tiketnya, berangkat tanggal 3-5 maret ya", 2 minggu lagi!!
eheum....hal ini berakibat bawa duit seadanya ----> dan berakibat jalan-jalan disana hanya ke tempat-tempat gratisan: taman, museum, tempat shopping/oleh-oleh. irit dah pokoknya.
so, semoga ada lagi kesempatan ke sipore karena belum kesampean naek singapore flyer, udah jalan jauh nyari-nyari dimana kincir angin ini berada tapi ga ketemu jadi pasrah. lalu belum ke sentosa island, yang memang pusat wisata (di Indonesia seperti Bali kali yaa, & universal studio ada disini), dalam perjalanan ini ga ada list ke sana karena butuh banyak dana. (>_<)
tempat-tempat yang kita kunjungi meliputi merlion park, marina bay, chinese garden, botanical garden, haw par villa, dan marina barage (museum sistem perairan sipore).

saat itu setelah sampai rumah, gw merasa perjalanan ke sipore itu seperti mimpi. bukan karena keindahannya (walaupun memang indah sih, bersih & nyaman), dan bukan karena saking amazingnya akhirnya gw bisa ke LN, tapi karena gw kurang menikmati selama berada disana akibat gw amat sangat cape banget sekali. *LebayButTrue
kita pergi selama 3D/2N, dari pagi sampai malam keliling ke tempat-tempat gratisan, serba jalan kaki berpacu dengan waktu yang singkat. kita ga bisa asal naek bus, tapi harus di haltenya. kalo nyebrang jalan ga ada zebra cross juga harus lewat jembatan, ga ada yang namanya lompat/nerobos pagar pembatas jalan. jadi kesimpulannya, kita harus nambah jalan kaki ke halte bus ato naek jembatan. dalam kasus gw, ke stasiun MRT dari rumah mba mefda juga jalan kaki karena nanggung kalo naek bus (ga ada angkot & ojek pula, *eh).

berpose di halte, inside bus, stasiun MRT, & inside MRT

untuk naik transportasi disana (bus & MRT), kita hanya perlu 1 kartu (sejenis kartu ATM) yang kita tempelkan (tap) ke suatu alat saat mau naek transport dan saat turun, jadi nominal uang pada kartu otomatis berkurang. kartu ini bisa diisi ulang, cek nominal & isi ulangnya dengan mesin seperti ATM, ada di bandara & stasiun-stasiun MRT. kalo lagi naek bus & nominal kartunya abis, bayarnya pake uang langsung ke supir. ada dua jenis kartu, yaitu kartu reguler & kartu untuk wisatawan yang berlaku 7 hari (apa 12 hari ya? lupa deh, hehe). gw beli yang reguler, kali aja mau ke sana lagi (aamiin) atau bisa dipinjamkan kepada teman/keluarga yang mau ke sana, masa berlakunya lama ko. kartu gw aja berlaku sampai tahun 2017, tiap kali diisi ulang masa berlaku juga diperpanjang, kaya isi pulsa gitu...

orchard road, johor bahru (Malaysia), chinatown, bugis

hari kedua disana merupakan hari minggu, katanya kalo tiap minggu pagi orang-orang sipore pergi ke johor bahru Malaysia untuk belanja, karena barang-barangnya lebih murah disana. jadi kita pun ikut-ikutan pergi ke sana, seenggaknya pernah menginjakkan kaki di Malaysia. hahahaha
agak riweuh sih pas kesana, emang rame banget, dan di perbatasan kita turun bus dulu untuk pemeriksaan imigrasi, terus naek bus lagi (bus yang sama). terminal bus tersebut udah langsung terhubung ke mall, namanya johor bahru city square. so, here we are... pertama kali yang kita lakukan adalah berfoto (hohoho), lalu tukar mata uang pas nemu money changer. gw beli sepatu disini karena sepatu flat yang gw pake saat itu rusak. setelah liat-liat isi JB mall ini, kita makan siang, nyemil sih lebih tepatnya, karena yang kita beli snack spicy crispy chicken & semacam otak-otak. lalu balik deh ke sipore, lanjut jalan-jalannya sampai mabok.
tempat shopping lain yang dikunjungi adalah chinatown (beli oleh-oleh), orchard road (liat-liat & beli coklat), bugis (liat-liat aja). entah kenapa yang diliat ga ada yang cocok di mata gw, walaupun merk charles&keith disana lebih murah daripada di Indonesia. lalu bugis yang katanya dee banyak baju-baju murah juga ga ada yang sreg buat gw. parfum-parfum di bandara juga lebih murah, tapi gw lagi ga pengen beli parfum waktu itu.

last, ada kejadian tak terduga yang bikin ngos-ngosan saat mau balik ke Indo. kita lagi santai jalan-jalan di changi airport nyari makan, udah lewat imigrasi tinggal nunggu departure (1 jam lebih). sambil jalan gw iseng liat layar kecil yang nampilin departure pesawat-pesawat, & gw liat pesawat kita kok beda gate dari yang ada di tiket dengan jam berangkat kurang dari setengah jam lagi (*oh gosh). yup sodara-sodara, gajadi nyari makan, kita pun bergegas memeriksa gate yang tertera di tiket & ternyata benar pindah gate. and you know what? gate penggantinya berada di ujung nan jauh disana. jadi kita lari-lari nyeret koper, mana gw pake wedges geje yang bikin sakit. sampai di gate, petugasnya hampir ngomel karena udah dipanggilin daritadi & pesawat udah mau berangkat. *huuuff untung ga ditinggalin

so, itulah cerita perjalanan gw ke singapore yang irit banget & bikin kaki super pegel. beruntunglah gw (apa beruntungnya dee?) karena mba mefda tinggal disana, jadi urusan tidur & sebagian makan beres. terima kasih mba mefda & dee, juga kio, love you all  :*