15 February 2018

New year 2018 with besties

seinget gw, baru kali ini gw niat banget mau liat kembang api di malam tahun baru. ga tanggung-tanggung liatnya di singapore. *tsaaaahh
biasanya gw tahun baruan di rumah aja, atau jalan-jalan kemana gitu. bukan untuk liat kembang api, tapi karena akhir tahun memang masa liburan. biasanya kalo liat tanggal merah, suka gatel pengen jalan-jalan kan... hayooo ngaku

liburan ini berawal dari kio yang bilang mau liat kembang api di singapore pas tahun baru, antara cuma ngasih tau dan menawarkan gw & dee mau ikutan apa ga. soalnya kio juga ngajak temen kantornya, jadi dia udah ada temen pergi sebenernya. selang beberapa hari kio laporan kalo udah beli tiket pesawat. what?!!
gw dan dee akhirnya ikutan juga, kita beli tiket sendiri-sendiri di bulan april. karena akhir tahun itu high season, asumsinya lebih baik beli tiket saat itu, sebelum harga tambah mahal makin mendekati hari keberangkatan.
ujung-ujungnya cuma bertiga yang berangkat karena temen kio ga jadi ikut. lanjutkan!

selanjutnya kita nyari hotel via agoda, dapet hotel yang lumayan murah di daerah bugis. tambah murah dengan voucher diskon agoda dari poin ojek online. tetep mahal karena high season sih, hiks..
kemudian sunyi.... *maksudnya kita belum ada pembicaraan tentang mau ngapain aja disana sampai sekitar sebulan sebelum berangkat.
dijadwalin ketemuan deh untuk ngomongin hal itu. okeh, rencana kasar udah ada. yang tadinya cuma mau liat kembang api, malah jadi padat. bhahahaha
kita sorting lagi mau kemana aja, tapi tetep ga kesampean semua. begini ceritanya....

kita berangkat hari sabtu pagi tanggal 30 desember karena jumatnya masih hari kerja. kalo gw udah cuti hari jumat itu karena belum persiapan. maklum udah lama ga travelling, jadi grogi. hehehehe *lebey

1-2 hari sebelum berangkat dapet tawaran gratis ini-itu dari kakaknya dee yang tinggal disana, loph yu pul mbaaa... tapi sayang kita udah punya jadwal sendiri, emang belum rejeki kita.
namanya high season, mau take off aja pesawatnya pake ngantri, setengah jam-an buw. pas duduk di pesawat langsung pada tidur, pas kebangun masih di soeta ajah. wkwkwkwk

antrian pesawat :D

akibatnya sampe singapore pun telat dari jadwal. payahnya kita ga memperhitungkan antrian imigrasi juga, jadi kakaknya dee yang ngajak makan siang bareng malah udah nungguin kita di hotel. padahal kitanya belum sampe dan belum check-in. ckckckck
anyway, jadwal pertama makso (makan sore) sama keluarga mba mefda di resto halal meksiko Afterwit, deket dari hotel kita. really have fun with them, thank you mba mefda dan keluarga.

foto bareng keluarga mba mefda, minus mas adji

say goodbye ke mba mefda dan keluarga, selanjutnya kita pergi ke marina bay sand, destinasi wisata pertama naik ke observation deck hotel yang menjadi iconnya singapore itu. rencananya sih kesana sore, kalo beruntung pengen liat sunset. tapi karena antrian pesawat dan imigrasi, jadwal mundur semua, mendung juga sih dan ternyata antrian naik ke atas juga lumayan panjang, jadi udah gelap pas di atas. but it's still ok, nightview-nya baguuuss.

kira-kira seperti ini night-view dari observation deck-nya hotel marina bay sands

berhubung foto bertiganya ga ada yang bagus, pajang foto sendiri aja deh

turunnya juga antri looohh, tapi disini masih tertib dan ga begitu lama nunggu antriannya.
kita mampir di mall the shoppes sebelum lanjut ke clarke quay. ceritanya mau bikin kartu marina bay sand lifestyle (sands rewards lifestyle), gaya banget kan... bhahahaha

ini nih kartunya

berhubung ada rencana ke art science museum, gw browsing sebelum berangkat, dan nemu info kalo kita bisa dapet tiket dengan harga lebih murah kalo menunjukkan kartu lifestyle tersebut.
karena jadwal ke art science museum besok pagi, jadi kita bikin kartu malam itu mumpung lewat situ. bikin kartu ini prosesnya sekitar 5-10 menit. kita cuma isi form dan nunjukin passport, pake difoto juga. kartunya langsung jadi.
dimana bikinnya? sebenernya ada beberapa tempat, salah satunya retail concierge di deket pintu mrt bayfront, bentuknya semacam booth informasi di mall. jadi kalo dari mrt st.bayfront, pilih keluar arah the shoppes, naik eskalator sekali aja, nah boothnya di sisi yang deket eskalator turunnya. *semoga kalian ngerti penjelasan dari gw :D
untuk yang mau tau lebih detail mengenai info kartu ini silahkan klik disini.

abis bikin kartu kita lanjut ke clarke quay. niatnya makan malem tapi masih pada kenyang, cuma haus aja. makanya kita cuma duduk-duduk pinggir kali sambil minum & nyemil sampe hampir tengah malem.

pemandangan di riverside clarke quay

pulangnya kita turun di st.bugis, mampir bugis junction yang cuma 1-2 toko masih buka tengah malem, berharap nemu colokan kaki 3 dan bercabang karena pada lupa bawa. untungnya sih nemu di semacam warung gitu pas jalan kaki balik ke hotel. tapi kemudian lupa jalan pulang ke hotel karena hapalnya dari arah st.lavender, mana ujan deres, kaki udah pegel. lengkap banget bikin bete di hari pertama. huhuhu

hari kedua kita pergi ke art science museum, rencananya menjelajah museum pas baru buka jam 10 biar bisa bebas foto-foto sebelum rame. realitanya jam 10 lebih baru berangkat dari hotel, beli tiketnya juga lumayan antri.
di art science museum ini ada beberapa exhibition, harga tiketnya beda-beda. awalnya kita cuma mau ke exhibition yang instagramable yaitu future world (exhibition tetap), pas disana kita juga tertarik untuk liat exhibition treasures of natural world (exhibition sementara/hanya beberapa bulan). kalo harga satuan, future world S$19, treasures S$17. kalo beli 2 exhibition tersebut harganya jadi S$28, tapi dengan kartu lifestyle harganya jadi S$21 dan bisa beli 1 dapet 1, jadi kalo pergi berdua, yang satunya gratis gitu. kemaren harga tiga orang jadi S$49, menang banyak kaan... kita juga ga nyangka loooh.

selain art science museum, ternyata dengan kartu lifestyle bisa diskon tiket lainnya seperti observation deck, garden by the bay, dll. kemaren kita beli semua tiket di jakarta kecuali tiket museum, tiket online itu dapet murah sih, tapi bisa lebih murah pake kartu lifestyle tadi. posthink-nya kita biar ga nyesel-nyesel amat, kalo high season antriannya lumayan panjang, jadi dengan tiket yang dibeli online bisa lebih hemat waktu. hehehehe

banyak yang bisa dilihat, dimainkan, dan difoto di art science museum
dan gw suka quotes-nya

gw lebih suka videoin yang ada di art science museum ini
karena foto kurang bisa menggambarkan keseruannya, tapi gw males upload video disini :D
 nyari SIAPA sih ni...?

cukup lama kita menghabiskan waktu di art science museum, sampe nyerah liat-liat dan foto-foto karena laper. kita makan makanan halal vietnam di pho 4 u di deket hotel, ini udah jadi makanan yang diincer dari kemaren. kita bela-belain balik kesini karena sekalian didi pindah hostel, mau check-in dulu.

selamat makan!!!
we're really like this photo

selanjutnya kita pergi ke ion orchad, beberapa kali ke singapore belum pernah cicip es krim 1 dolar dan gw masih penasaran sama rasanya. *sekarang sih harganya S$1,2 dan rasanya enaakk

hari ini ada 1 jadwal yang ga kekejar, kita tadinya berencana liat pemandangan dari lantai 55 ion (gratis), tapi karena dari pagi jadwal juga udah mundur semua, gagal deh ke lantai 55. soalnya gratisannya cuma dari jam 3 sore sampe jam setengah 6 (naik liftnya), dikasih waktu liat-liat diatasnya sampe jam 6.

jadi abis makan es krim kita cuma liat-liat & foto-foto disekitaran ion karena ga hobi shopping juga, tapi ga lupa beli cemilan untuk dibawa nunggu kembang api muncul.

kakek-nenek penjual es ciim

dari ion kita langsung menuju lokasi liat kembang api. kita pilih posisi liat kembang api di jembatan seberang mbs karena dekat dengan mrt promenade yang sejalur sama mrt lavender, asumsinya nanti pas pulang naik mrt ga perlu transit. kita sampe di jembatan sekitar jam 9 malam, dan udah lumayan penuh orang. for your information, di singapore dari kemaren ujan, hari itu pun ujan dari pagi. tapi walopun ujan, ga mematahkan tekad kita untuk liat kembang api. *tsaaahh

kembang api dinyalakan 3 kali tiap jam dari jam 10-12 malam, dari yang cuma sebentar sampe sekitar 6 menitan saat jam 12nya. walopun makin malem ujannya malah makin deres, tetep terlihat wow sih kembang apinya. mantab lah

posisi kita standby untuk liat kembang api di sebrang mbs

kembang api itu serunya di video-in, tapi gw ga akan upload disini karena memorinya lebih dari kapasitas blog, maafkeun saya malas mengedit...

selesai liat kembang api, kita langsung balik ke hotel. agak parah sih karena rame banget kaya abis nonton konser, tapi ada petugas/polisi yang mengarahkan. antrian mrt juga lancar, ga nunggu lama.
tapi sampe hotel jam setengah 2 bok. ditambah bersih-bersih, kirim-kiriman foto, update status medsos, kita baru tidur jam setengah 4 dini hari (jam setengah 3 waktu jakarta). wakakakak

hari ketiga jadwal kita cuma ke garden by the bay (gbtb), dan itu kita atur siang/sorean karena pasti bangun siang setelah liat kembang api. selain itu pengen ke ocbc skywalk sore, berharap liat sunset di atas, dan liat flower dome saat malem pas lampu-lampunya nyala.
tapi ga bisa banget ada jadwal kosong, paginya dee ngajak ke rumah mba mefda sekalian maksi di sana. dari yang janjian jam 9-10 pagi, kita baru jalan dari hotel sekitar jam 11, sampe dipesenin grab car karena mba mefda mau pergi setelah maksi. *tamu yang ga tau diri, hahahaha
makasih mba mefda, maaf ga foto-foto karena keasyikan ngobrol sama kayla-kaira.

sesampainya di gbtb, ocbc skywalk-nya tutup karena cuaca masih mendung-hujan. beralih masuk cloud forest dulu, kemudian balik ke ocbc barangkali udah buka tapi ternyata belum. pupus lah keinginan liat pergantian sore-malam dari skywalk.
lalu kita masuk ke flower dome, temanya winter wonderland finland, banyak foto-foto disini dan memang bagus pas malem karena dihias pake lampu-lampu yang bikin tambah cakep. agak terburu-buru disini karena pengen liat supertree groove yang jam 7.45, soalnya masih ada jadwal ke mustofa center untuk beli oleh-oleh dan titipan orang, jadi kalo nonton supertree groove yang jam 8.45 kayanya kemaleman.
abis nonton supertree groove, kita ngecek ocbc lagi looohh, tapi ga buka juga.. huhu
untung beli tiket ocbc yang open date (berlaku sampe april), jadi udah berencana bakal kita jual lagi.
berniat pulang, kami mampir makan dulu di resto sekitar gbtb. tapi pas lagi makan kita liat ke luar jendela, ada banyak orang di skywalk, horeee akhirnya dibuka tuh ocbc.

dari gbtb sekitar jam 10, gw dan kio mampir ke mustafa sejam, itu juga kita pulang karena takut mrt keburu tutup tengah malem. hahaha

sampe hotel packing karena pulang besok paginya. kita pilih pulang pagi biar bisa istirahat dulu sebelum kembali ke aktivitas masing-masing.

flight kita sekitar jam 11, tapi kita berencana berangkat lebih pagi (jam 6-7) supaya bisa menikmati terminal baru di changi airport. di terminal 4 yang katanya baru buka akhir oktober 2017 kemaren ini, semua serba otomatis dari check-in sampe imigrasinya. selain itu kabarnya ada taman+air terjun di dalam terminal. penasaran kan? makanya kita mau icip "wahana" baru tersebut di changi.

kenyatannya: kita baru berangkat dari hotel jam setengah 8. mrt dari tanah merah ke changi lagi bermasalah, jadi kita naik shuttle bus yang ternyata udah banyak antriannya. shuttle bus ini berhenti di terminal 3, kita jalan dulu ke terminal 2 untuk naik shuttle bus lagi yang ke terminal 4, panjang kan perjalanannya...
akhirnya sampe terminal 4 langsung check-in, pake ada masalah di e-imigrasi (pas scan tiket) jadi kita antri di imigrasi manual. karena waktunya tanggung mau masuk pesawat, walo sempet nanya petugas tapi dia juga ga tau dimana letak taman itu, yasudah lah yaa ikhlaskan saja, mungkin ada kesempatan lain untuk liat taman+air terjunnya.

eeeh tapi pas cari-cari info online ternyata si taman+air terjunnya belum jadi, hahahaha. info dan video yang beredar baru desainnya aja, dan kabarnya baru akan beroperasi di awal tahun 2019.
semoga ada kesempatan berkunjung lagi ke singapore dan bisa liat taman+air terjunnya nanti. heuheu

intermezzo

tiket yang dibeli online, dianter ke hotel di singapore

gelas kertas yang sengaja ga dibuang untuk keperluan buang air. wkwkwkwk

akhirnya nyicipin old changkee untuk sarapan di bandara